Langsung ke konten utama

Cara Membuat Garis Vertikal untuk Cover/Sampul

Saat membuat cover atau sampul dokumen kita biasa menggunakan garis vertikal sebagai penutup ruang kosong. Garis tersebut biasanya berbentuk 2 buah garis pendek dan satu buah garis besar. Berikut langkah untuk membuat garis cover/sampul tersebut di microsoft word.
  1. Buat Garis vertikal panjang
    • Klik ribbon insert lalu klik tombol Shape, atau
    • tekan tombol ALT+N lalu tekan huruf SH
    • pilih shape garis / line
    • tekan tombol SHIFT kemudian klik dan drag dengan arah vertikal, lalu lepaskan
    • Anda memiliki satu buah garis vertikal
  2. Buat dua buah garis vertikal pendek
    • Buat garis seperti garis vertikal di atas tetapi ukurannya lebih pendek
    • letakkan di sebelah / berdekatan dengan garis sebelumnya.
    • klik garis vertikal pendek tersebut
    • tekan tombol CTRL+D untuk membuat duplikat objek
  3. Atur posisi garis agar simetris di tengah
    • Tekan tombol SHIFT lalu pilih kedua garis tersebut
    • Selanjutnya klik ribbon Format lalu klik tombol Align yang ada di grup Arrange, atau
    • Tekan tombol ALT+JD lalu tekan huruf AA
    • Pilih item Align Middle
  4. Buat Grup dua buah garis vertikal pendek
  5. Bila kedua garis vertikal pendek belum dipilih, lakukan pemilihan dengan menekan tombol SHIFT lalu pilih kedua garis tersebut
  6. Klik kanan pada salah satu garis tersebut
  7. pilih item Grouping lalu klik Group
  8. Pilih garis vertikal pendek dan garis vertikal panjang Lakukan (3 garis vertikal dipilih)
  9. Atur posisi garis agar simetris di tengah (lihat contoh di atas)
  10. Kemudian klik ribbon format lalu pilih tombol align
  11. Tekan tombol ALT+JD lalu tekan huruf AA
  12. Pilih item Align Center
  13. Selanjutnya buat ketiga garis tersebut menjadi sebuah grup (lihat contoh di atas)
  14. Atur lebar, tinggi dan posisi dari group shape tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merge Cells di Google Docs

  Pada prakteknya terkadang kita perlu pengaturan sel tabel disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang kite perlu menggabungkan 2 atau lebih sel yang ada di tabel dengan maksud memperjelas bahwa sel tersebut memiliki nilai yang sama ataupun menjelaskan bahwa sel, kolom atau baris yang ada di tabel merupakan sebuah kelompok yang saling mendukung dan berkaitan. Google docs memiliki fitur untuk menggabungkan sel (merge cells) dan juga memecah sel (unmerge cell) menjadi bentuk semula. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. A. Merge Cells (menggabungkan sel) Tabel Langkah-langkah untuk menggabungkan sel yang ada di tabel Google Dokumen adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama pilih sel yang akan digabungkan, sorot sel tersebut caranya klik dan drag menggunakan mouse atau gunakan tombol keyboard PANAH sambil menekan tombol SHIFT   Memilih Sel yang akan digabung (merge) 2. Lalu klik menu Format lalu pilih Table kemudian klik item menu Merge Cells Memilih item menu ...

Cara Memunculkan dan Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

Scroll bar biasa digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum ditampilkan dilayar. Secara default microsoft Word akan menampilkan scroll bar secara otomatis. Untuk kegunaan khusus, scroll bar Microsoft Word dapat dimunculkan atau disembunyikan secara manual.   Klik tombol Office Lalu klik tombol Word Options Selanjutnya pilih tab Advanced Pada panel sebelah kanan cari section Display Untuk menampilkan scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar . Klik tombol OK  

Cara Membuat Tulisan 3 Kolom di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk pembuatan kolom tulisan. Kita bisa membuat tulisan berbentuk 3 kolom seperti halnya kolom koran. Blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi 3 kolom Klik ribbon Page Layout lalu klik tombol Columns , atau Tekan tombol ALT+P lalu tekan tombol huruf J . Kemudian pilih item Three untuk membuat tulisan menjadi tiga kolom.