Langsung ke konten utama

Mini Toolbar untuk Formatting Cell di Microsoft Excel

Proses format cell secara umum dapat di akses melalui menu ribbon Home. Meskipun demikian, ada beberapa fasilitas yang diletakkan di Mini Toolbar. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses formatting cell, dimana user tidak perlu menggerakakkan kursor mouse "terlalu jauh" dari cell yang akan diatur ke menu ribbon home. Untuk mengakses Mini Toolbar di Microsoft Excel anda dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada cell atau blok cell. Selain menu popup, anda juga akan melihat mini toolbar yang akan membantu anda untuk melakukan proses formatting cell.  

Mini toolbar di microsoft excel

 

Tips Menggunakan Mini Toolbar untuk Formatting Cell

  • Penggunaan mini toolbar dapat mempercepat prroses formatting teks dan menghemat waktu
  • Mini toolbar untuk (Lihat gambar di atas, sesuai tampilan mini toolbar baris atas ke bawah, dari kiri ke kanan):
    1. Baris pertama
      • Mengganti atau merubah nama atau jenis font tulisan
      • Merubah nilai ukuran font teks
      • Memperbesar ukuran font
      • Memperkecil ukuran font
      • Menggunakan format currency atau akunting
      • Menggunakan format persentase
      • Menggunakan format desimal atau ribuan
      • Menggunakan format painter
    2. Baris kedua
      • Membuat tulisan tebal (bold)
      • Membuat tulisan italic
      • Mengatur bingkai atau border cell
      • Mengatur warna cell
      • mengatur warna tulisan
      • Memperbanyak angka desimal / (bilangan pecahan, dibelakang koma)
      • Mengurangi angka desmial/ (bilangan pecahan, dibelakang koma)
      • Menggabungkan cell (Merge Cell)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merge Cells di Google Docs

  Pada prakteknya terkadang kita perlu pengaturan sel tabel disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang kite perlu menggabungkan 2 atau lebih sel yang ada di tabel dengan maksud memperjelas bahwa sel tersebut memiliki nilai yang sama ataupun menjelaskan bahwa sel, kolom atau baris yang ada di tabel merupakan sebuah kelompok yang saling mendukung dan berkaitan. Google docs memiliki fitur untuk menggabungkan sel (merge cells) dan juga memecah sel (unmerge cell) menjadi bentuk semula. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. A. Merge Cells (menggabungkan sel) Tabel Langkah-langkah untuk menggabungkan sel yang ada di tabel Google Dokumen adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama pilih sel yang akan digabungkan, sorot sel tersebut caranya klik dan drag menggunakan mouse atau gunakan tombol keyboard PANAH sambil menekan tombol SHIFT   Memilih Sel yang akan digabung (merge) 2. Lalu klik menu Format lalu pilih Table kemudian klik item menu Merge Cells Memilih item menu ...

Cara Memunculkan dan Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

Scroll bar biasa digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum ditampilkan dilayar. Secara default microsoft Word akan menampilkan scroll bar secara otomatis. Untuk kegunaan khusus, scroll bar Microsoft Word dapat dimunculkan atau disembunyikan secara manual.   Klik tombol Office Lalu klik tombol Word Options Selanjutnya pilih tab Advanced Pada panel sebelah kanan cari section Display Untuk menampilkan scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar . Klik tombol OK  

Cara Membuat Tulisan 3 Kolom di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk pembuatan kolom tulisan. Kita bisa membuat tulisan berbentuk 3 kolom seperti halnya kolom koran. Blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi 3 kolom Klik ribbon Page Layout lalu klik tombol Columns , atau Tekan tombol ALT+P lalu tekan tombol huruf J . Kemudian pilih item Three untuk membuat tulisan menjadi tiga kolom.