Langsung ke konten utama

Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word

Ukuran file dokumen Microsoft Word yang besar akan memperlambat saat membuka file (loading), editing, dan juga penyimpanan (saving). Ukuran file yang besar tersebut bisa jadi dan sangat mungkin berasal dari gambar yang ada di dalam dokumen. Oleh karena itu, penggunaan gambar sangat berpengaruh untuk dalam memperkecil ukuran file microsoft word. Bila anda menggunakan gambar yang berasal dari file, maka anda dapat mereduksi atau mengurangi ukuran file Microsoft Word dengan sangat drastis atau seminimal mungkin. Daripada menyisipkan gambar dalam bentuk object ke dalam microsoft word, akan lebih baik jika anda menyisipkan gambar dengan menggunakan link terhadap gambar tersebut.  

Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word

  1. Bila gambar masih ada di dalam dokumen, hapus gambar tersebut terlebih dahulu lalu sisipkan atau tambahkan kembali gambar ke dalam dokumen
  2. Klik menu ribbon insert
  3. Lalu klik tombol picture yang ada di grup illustrations
  4. Kemudian pada dialog insert picture cari dan pilih gambar yang akan anda sisipkan
  5. Selanjutnya klik tombol more atau dropdown yang ada di sebelah kanan tombol insert (berupa tanda segitiga terbalik)
  6. Kemudian klik item Link To File
  7. Gambar akan disisipkan ke dalam dokumen tanpa menambah ukuran file dokumen yang terlalu besar.
 

Tips Memperkecil Ukuran File Microsoft Word

  • Kelemahan cara ini adalah bila anda menyalin (copy) atau memindahkan (move) file dokumen maka anda harus ikut menyalin atau memindahkan juga file gambar pendukung yang dibutuhkan.
  • Bila anda bersikeras ingin tetap agar gambar disisipkan dalam bentuk object ke dokumen microsoft word, maka anda masih bisa menghemat atau memperkecil ukuran file dengan jalan optimalisasi penggunaan gambar dalam dokumen microsoft word.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merge Cells di Google Docs

  Pada prakteknya terkadang kita perlu pengaturan sel tabel disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang kite perlu menggabungkan 2 atau lebih sel yang ada di tabel dengan maksud memperjelas bahwa sel tersebut memiliki nilai yang sama ataupun menjelaskan bahwa sel, kolom atau baris yang ada di tabel merupakan sebuah kelompok yang saling mendukung dan berkaitan. Google docs memiliki fitur untuk menggabungkan sel (merge cells) dan juga memecah sel (unmerge cell) menjadi bentuk semula. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. A. Merge Cells (menggabungkan sel) Tabel Langkah-langkah untuk menggabungkan sel yang ada di tabel Google Dokumen adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama pilih sel yang akan digabungkan, sorot sel tersebut caranya klik dan drag menggunakan mouse atau gunakan tombol keyboard PANAH sambil menekan tombol SHIFT   Memilih Sel yang akan digabung (merge) 2. Lalu klik menu Format lalu pilih Table kemudian klik item menu Merge Cells Memilih item menu ...

Cara Memunculkan dan Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

Scroll bar biasa digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum ditampilkan dilayar. Secara default microsoft Word akan menampilkan scroll bar secara otomatis. Untuk kegunaan khusus, scroll bar Microsoft Word dapat dimunculkan atau disembunyikan secara manual.   Klik tombol Office Lalu klik tombol Word Options Selanjutnya pilih tab Advanced Pada panel sebelah kanan cari section Display Untuk menampilkan scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar . Klik tombol OK  

Cara Membuat Tulisan 3 Kolom di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk pembuatan kolom tulisan. Kita bisa membuat tulisan berbentuk 3 kolom seperti halnya kolom koran. Blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi 3 kolom Klik ribbon Page Layout lalu klik tombol Columns , atau Tekan tombol ALT+P lalu tekan tombol huruf J . Kemudian pilih item Three untuk membuat tulisan menjadi tiga kolom.