Langsung ke konten utama

Cara Membuat Nomor Otomatis Selang 1, 2, Sekian baris di Ms Excel

Penomoran otomatis akan sangat membantu ketika kita bekerja di Microsoft Excel. Persoalan penomoran dirasa tidak menjadi sederhana ketika kita harus membuat beberapa baris di Microsoft Excel untuk satu buah baris data milik kita. Atau dengan kata lain, kita harus membuat nomor selang satu baris, dua baris, tiga baris, atau n baris. Padahal sebenarnya fasilitas tersebut juga sudah tersedia di Microsoft Excel. Cara Membuat Nomor Otomatis Selang 1, 2, 3 atau sekian baris
  1. Berikan angka 1 dan 2 secara berurutan pada cell yang akan diberikan nomor. Jika anda ingin membuat selang satu baris, maka tempatkan angka 2 selang satu baris dari angka 1. jika ingin dua baris maka letakkan angka 2 selang dua baris dari angka 1, dan seterusnya.
  2. Blok kedua cell yang berisi angka 1 dan 2 tersebut ditambah jumlah selang baris nya. Jika anda membuat selang 1 baris, maka blok juga 1 baris cell yang ada di bawah cell angka 2. bila selang dua baris, blok juga dua baris di bawah angka dua, dan seterusnya.
  3. Selanjutnya arahkan kursor mouse ke sudut kanan dari blok cell tersebut, hingga kursor mouse akan berubah bentuk menjadi tanda + (plus)
  4. Selanjutnya klik lalu drag ke bawah.
  5. Drag hingga nomor baris sesuai dengan keinginan anda
 

Tips :

  • Untuk membuat penomoran selang satu nilai, dua nilai, atau selang tiga nilai dst, isikan dengan dua angka pertama dari penomoran. misalkan angka 1 dan 3 akan membentuk 1,3,5,7, dst. angka 1 dan 4 akan membentuk 1,4,7,11, dst
  • Cara lainnya adalah menggunakan rumus. isikan saja cell kedua dengan nilai cell sebelumnya ditambah 1. lalu copy cell kedua tersebut hingga akhir baris (vertikal) atau kolom(horizontal)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merge Cells di Google Docs

  Pada prakteknya terkadang kita perlu pengaturan sel tabel disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang kite perlu menggabungkan 2 atau lebih sel yang ada di tabel dengan maksud memperjelas bahwa sel tersebut memiliki nilai yang sama ataupun menjelaskan bahwa sel, kolom atau baris yang ada di tabel merupakan sebuah kelompok yang saling mendukung dan berkaitan. Google docs memiliki fitur untuk menggabungkan sel (merge cells) dan juga memecah sel (unmerge cell) menjadi bentuk semula. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. A. Merge Cells (menggabungkan sel) Tabel Langkah-langkah untuk menggabungkan sel yang ada di tabel Google Dokumen adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama pilih sel yang akan digabungkan, sorot sel tersebut caranya klik dan drag menggunakan mouse atau gunakan tombol keyboard PANAH sambil menekan tombol SHIFT   Memilih Sel yang akan digabung (merge) 2. Lalu klik menu Format lalu pilih Table kemudian klik item menu Merge Cells Memilih item menu ...

Cara Memunculkan dan Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

Scroll bar biasa digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum ditampilkan dilayar. Secara default microsoft Word akan menampilkan scroll bar secara otomatis. Untuk kegunaan khusus, scroll bar Microsoft Word dapat dimunculkan atau disembunyikan secara manual.   Klik tombol Office Lalu klik tombol Word Options Selanjutnya pilih tab Advanced Pada panel sebelah kanan cari section Display Untuk menampilkan scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar . Klik tombol OK  

Cara Membuat Tulisan 3 Kolom di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk pembuatan kolom tulisan. Kita bisa membuat tulisan berbentuk 3 kolom seperti halnya kolom koran. Blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi 3 kolom Klik ribbon Page Layout lalu klik tombol Columns , atau Tekan tombol ALT+P lalu tekan tombol huruf J . Kemudian pilih item Three untuk membuat tulisan menjadi tiga kolom.