Langsung ke konten utama

Cara Membuat Nomor Otomatis Secara Vertikal/Horizontal di Ms Excel 2007

Membuat nomor secara manual sangat melelahkan dan memakan waktu. Anda bisa mengatasinya dengan cara memberikan nomor secara otomatis Excel baik arah horizontal maupun vertikal.
  1. Berikan angka 1 dan 2 secara berurutan pada cell yang akan diberikan nomor. Jika anda ingin membuat penomoran vertikal berarti angka 2 diletakan pada cell tepat di bawah angka 1, sedangkan bila ingin membuat penomoran secara horizontal maka angka 2 diletakkan pada cell disebelah kanan cell angka 1.
  2. Blok kedua cell yang berisi angka 1 dan 2 tersebut
  3. Arahkan kursor mouse ke sudut kanan dari blok cell tersebut, hingga kursor mouse akan berubah bentuk menjadi tanda + (plus)
  4. Selanjutnya klik lalu drag ke bawah jika ingin membuat penomoran vertikal, atau klik dan drag ke kanan jika ingin membuat penomoran secara horizontal.
  5. Drag hingga nomor baris atau kolom sesuai dengan keinginan anda

Tips :

  • Untuk membuat penomoran selang dua, selang tiga dst, isikan dengan dua angka pertama dari penomoran. misalkan angka 1 dan 3 akan membentuk 1,3,5,7, dst. angka 1 dan 4 akan membentuk 1,4,7,11, dst
  • Cara lainnya adalah menggunakan rumus. isikan saja cell kedua dengan nilai cell sebelumnya ditambah 1. lalu copy cell kedua tersebut hingga akhir baris (vertikal) atau kolom(horizontal)

Versi Microsoft Excel

  • Microsoft Excel 2003
  • Microsoft Excel 2007
  • Microsoft Excel 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merge Cells di Google Docs

  Pada prakteknya terkadang kita perlu pengaturan sel tabel disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang kite perlu menggabungkan 2 atau lebih sel yang ada di tabel dengan maksud memperjelas bahwa sel tersebut memiliki nilai yang sama ataupun menjelaskan bahwa sel, kolom atau baris yang ada di tabel merupakan sebuah kelompok yang saling mendukung dan berkaitan. Google docs memiliki fitur untuk menggabungkan sel (merge cells) dan juga memecah sel (unmerge cell) menjadi bentuk semula. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. A. Merge Cells (menggabungkan sel) Tabel Langkah-langkah untuk menggabungkan sel yang ada di tabel Google Dokumen adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama pilih sel yang akan digabungkan, sorot sel tersebut caranya klik dan drag menggunakan mouse atau gunakan tombol keyboard PANAH sambil menekan tombol SHIFT   Memilih Sel yang akan digabung (merge) 2. Lalu klik menu Format lalu pilih Table kemudian klik item menu Merge Cells Memilih item menu ...

Cara Memunculkan dan Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

Scroll bar biasa digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum ditampilkan dilayar. Secara default microsoft Word akan menampilkan scroll bar secara otomatis. Untuk kegunaan khusus, scroll bar Microsoft Word dapat dimunculkan atau disembunyikan secara manual.   Klik tombol Office Lalu klik tombol Word Options Selanjutnya pilih tab Advanced Pada panel sebelah kanan cari section Display Untuk menampilkan scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar . Klik tombol OK  

Cara Membuat Tulisan 3 Kolom di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk pembuatan kolom tulisan. Kita bisa membuat tulisan berbentuk 3 kolom seperti halnya kolom koran. Blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi 3 kolom Klik ribbon Page Layout lalu klik tombol Columns , atau Tekan tombol ALT+P lalu tekan tombol huruf J . Kemudian pilih item Three untuk membuat tulisan menjadi tiga kolom.