Langsung ke konten utama

Cara Memberi Warna Khusus untuk Cell Microsoft Excel

Warna cell dapat sangat berpengaruh di tabel microsoft Excel. Microsoft Excel juga memberikan fasilitas bagi anda untuk memberikan warna khusus atau warna buatan anda sendiri. Warna dapat mempercantik tampilan atau juga bisa digunakan untuk mengarahkan fokus pembaca pada hal yang penting. dan bagi sebagian orang, warna juga dapat diartikan sebagai seni dan kepribadian anda. :)

Cara Memberi Warna Khusus untuk Cell
  1. Pilih atau Blok cell yang akan anda berikan warna khusus
  2. Selanjutnya klik kanan pada blok cell tersebut
  3. klik pada tombol more (berupa segitiga kecil terbalik) yang ada disebelah kanan tombol fill color
  4. Pilih item More Colors yang ada di bagian bawah popup menu
  5. Pada dialog Colors yang ditampilkan, pada tab Standard pilih salah satu warna yang sudah disediakan, atau klik tab Custom jika anda ingin membuat warna sendiri
 

Tips :

  • Selain dapat mengakses tombol Fill Color pada mini toolbar, anda juga bisa mengakses melalui menu ribbon Home
  • Hindari penggunaan warna cell dan Tulisan (Font) yang mirip atau sama sebab akan mempersulit pembacaan isi atau teks yang ada di dalam cell

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merge Cells di Google Docs

  Pada prakteknya terkadang kita perlu pengaturan sel tabel disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang kite perlu menggabungkan 2 atau lebih sel yang ada di tabel dengan maksud memperjelas bahwa sel tersebut memiliki nilai yang sama ataupun menjelaskan bahwa sel, kolom atau baris yang ada di tabel merupakan sebuah kelompok yang saling mendukung dan berkaitan. Google docs memiliki fitur untuk menggabungkan sel (merge cells) dan juga memecah sel (unmerge cell) menjadi bentuk semula. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini. A. Merge Cells (menggabungkan sel) Tabel Langkah-langkah untuk menggabungkan sel yang ada di tabel Google Dokumen adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama pilih sel yang akan digabungkan, sorot sel tersebut caranya klik dan drag menggunakan mouse atau gunakan tombol keyboard PANAH sambil menekan tombol SHIFT   Memilih Sel yang akan digabung (merge) 2. Lalu klik menu Format lalu pilih Table kemudian klik item menu Merge Cells Memilih item menu ...

Cara Memunculkan dan Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

Scroll bar biasa digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum ditampilkan dilayar. Secara default microsoft Word akan menampilkan scroll bar secara otomatis. Untuk kegunaan khusus, scroll bar Microsoft Word dapat dimunculkan atau disembunyikan secara manual.   Klik tombol Office Lalu klik tombol Word Options Selanjutnya pilih tab Advanced Pada panel sebelah kanan cari section Display Untuk menampilkan scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar . Klik tombol OK  

Cara Membuat Tulisan 3 Kolom di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk pembuatan kolom tulisan. Kita bisa membuat tulisan berbentuk 3 kolom seperti halnya kolom koran. Blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi 3 kolom Klik ribbon Page Layout lalu klik tombol Columns , atau Tekan tombol ALT+P lalu tekan tombol huruf J . Kemudian pilih item Three untuk membuat tulisan menjadi tiga kolom.